Saturday, July 19, 2008

Belajar Menulis Artikel - Tidak Susah Koq !!.

Belajar Menulis Artikel - Tidak Susah Koq !!.

Ridwan

Kadang seorang pemula yang ingin menulis untuk halaman blognya berfikir: “ Apa ya yang akan saya tulis, takutnya kalau menulis ini atau itu orang-orang diluar sana sudah pada tahu, terus apa yang harus saya tulis?”.

Pada awalnya saya takut untuk menulis, takut salah, takut ditertawakan orang, takut ketinggalan jaman, dan sebagainya rasa takut yang membuat kita tidak pernah menulis sama sekali.

Sebulan pertama saya tidak menulis apapun, hanya mempublikasikan tulisan – tulisan atau artikel – artikel karya orang lain yang saya ambil dari Free Content seperti dari E-Zine, Goarticle, articlecity, dan sebagainya. Sampai akhirnya saya mendapat ( waduh … pencerahan !! , gaya bener ).

Bukankan Microsoft Word kita mempunyai auto summaries?. Nah dengan itulah saya akhirnya membuat suatu artikel. Saya kumpulkan beberapa artikel dengan topic sejenis dan ambil summary-nya ( intinya saja ). Lalu sambungkan dan atau ditambah-tambah dengan kata-kata / kalimat kita sendiri. Hasilnya, minimal 70% dari artikel tersebut adalah saya yang buat.

Artike yang baik adalah artikel yang benar-benar hasil pemikiran kita sendiri, tapi apa boleh buat, saya sedang belajar… jadi gak perlu malu … atau takut, lama-lama juga bisa sendiri berdasarkan pengalaman dan riset kita selama menjalani dunia internet.

Jadi … jangan takut untuk mencoba karena semuanya berawal dari salah dan mencoba atau praktek dan jangan berfikir bahwa semua orang tau …. Hei … hei … hei, PERCAYALAH, SETIAP HARI ADA YANG LEBIH PEMULA DARI KITA, jadi Siapa takut … ya Toh !!.

No comments: